News

Efek Buruk Memberi Empeng pada Anak

FASE oral merupakan tahap ketika anak akan memusatkan kegiatannya di area mulut. Pada tahap ini, anak suka memasukkan benda ke dalam mulut. Atau, melakukan aktifitas seperti menghisap jempol, menggigit, dan ngempeng.

Ini pula yang terjadi pada buah hati Ani (28). Dia kerap menggunakan empeng sebagai sarana menenangkan anak yang rewel karena sedang tumbuh gigi. "Ketika diberi empeng, anak saya anteng. Saya tidak tega kalau menangis terus-terusan," ujar dia.

Anaknya yang berusia menginjak 6 bulan memang sedang dalam masa tumbuh gigi pertama. Biasanya, saat memasuki tahap ini, bayi rewel, sering menangis, dan demam. Ani pun merasa wajar memberi empeng ke putra kecilnya.

Sementara, Adisti memberi empeng kepada buah hatinya usai anak minum susu dari botol. Ini dilakukan untuk meredakan tangis anak ketika selesai minum. "Setelah saya beri empeng, tangisannya berhenti. Itu memang terjadi berulang-ulang." kata dia.

Adisti pernah mencoba cara lain agar anaknya tidak tergantung pada empeng. Namun, upaya yang dilakukan gagal. "Saya pernah mengganti dengan biskuit bayi tetapi malah dibuang," papar ibu satu anak itu.

Lain halnya Dewi Puruhita. Kedua anaknya sama sekali tidak dikenalkan pada benda yang menyerupai puting susu itu. Dia akan tanggap memberikan Air Susu Ibu (ASI) ketika anak menangis dan memang si anak haus atau lapar. "Anak pertama saya minum ASI hampir sampai tiga tahun, lepas dari ASI minum pakai dot, memang agak susah melepaskan dia (anak Dewi) dari dot," beber dia.

Sebaiknya orangtua menghindari menggunakan empeng. Selain menghindari risiko gangguan pertumbuhan gigi dan rahang, juga menghindari kesulitan melepaskannya.

Jika anak rewel cari penyebabnya. Apakah karena lapar atau ingin digendong? Atasi masalah tersebut. Jangan langsung diberi empeng.

Sebaiknya ibu mengalihkan perhatian anak dari empeng. Jika karena alasan gigi anak mulai tumbuh, berikan gigitan bayi yang tidak mengandung air di dalamnya. Ingat untuk selalu memanaskan gigitan bayi agar steril.

Dia menambahkan, sebaiknya para ibu memberikan ASI kepada anak agar mengurangi kemungkinan anak mengenal empeng. Lagipula, memberikan ASI dapat bermanfaat mendekatkan ibu dan anak. Lebih tercipta ikatan emosional antara ibu dan anak ketika si ibu menyusui.

OUR LOCATION