Poli Gigi

Poli Gigi

     Gigi memiliki peranan sangat penting, selain berfungsi mempermudah proses pengunyahan makanan, gigi juga berpengaruh terhadap keindahan seseorang. Gigi yang tidak terawat membuat gigi kotor, gigi menjadi berlubang, menyebabkan mau mulut, dan dapat mengurangi keindahan penampilan seseorang.

 

     Ada beberapa metode/cara menyikat gigi, tapi yang paling baik untuk digunakan adalah yang biasa disebut dengan metode Roll karena gerakannya sederhana, paling dianjurkan, efisien dan menjangkau semua bagian mulut.

 

     Bulu sikat ditempatkan pada permukaan gusi, jauh dari permukaan oklusal/bidang kunyah, ujung bulu sikat mengarah ke apex/ujung akar, gerakan perlahan melalui permukaan gigi sehingga bagian belakang kepala sikat bergerak dalam lengkungan. Pada waktu bulu-bulu sikat melalui mahkota gigi, kedudukannya hampir tegak terhadap permukaan email gigi. Ulangi gerakan ini sampai 8 - 12 kali sehingga tidak ada yang terlewat.

                                        

     Waktu penyikatan gigi tersebut biasanya dianjurkan setiap kali sesudah makan dan sebelum tidur. Tetapi dalam prakteknya kadang tidak selalu dapat dilakukan, terutama bila siang hari saat kita sedang disekolah maupun dikantor. Oleh sebab itu penyikatan gigi setidaknya dilakukan minimal 2 kali dalam sehari yaitu saat setelah makan/sarapan dan paling penting saat sebelum tidur malam.

 

     Lama penyikatan gigi tidak ditentukan , tapi biasanya dianjurkan selama 2 menit yang penting penyikatan dilakukan secara sistematis supaya tidak ada bagian-bagian gigi yang terlewatkan.

 

     RS MH Thamrin Purwakarta melayani pemeriksaan Gigi secara menyeluruh, dengan dokter gigi yang ahli di bidangnya.